Wednesday, November 14, 2018

BANDUNG

Bandung 
merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.
FAKTA FAKTA UNIK BANDUNG
1. Nama 'Bandung' berasal dari kata Bendung/Bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Tangkuban Perahu.

2. Kota yang dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa.

3. Kota Bandung pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme. Bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

4. Kota Bandung dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum.

5. Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat, di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda.

6. Kota Bandung memiliki sebuah pelabuhan udara yang bernama Bandar Udara Husein Sastranegara.

7. Masyarakat kota Bandung dan sekitarnya merupakan pengemar fanatik untuk Persib Bandung, yaitu sebuah klub sepak bola yang bermain di kompetisi Liga Super Indonesia,

8. Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional masyarakat Sunda di kota ini dan Jawa Barat pada umumnya, alat musik ini terbuat dari bahan bambu.

9. Bandung punya Festival Film Bandung yang lumayan bergengsi dan terus bertahan sampai sekarang meskipun dulu dilarang waktu Orde Baru.

10. Bandung menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia pada tahun 2008

No comments:

Post a Comment